Dukungan untuk blog ini, silahkan diklik ya!

Kamis, 10 September 2009

Jalan-Jalan ke Kupang NTT..

Kupang? Kayaknya agak jarang di dengar nih kota..kanapa ya? Karena letaknya jauh dari Jakarta? Munkin, tapi Papua yang lebih jauh juga sangat dikenal orang walaupun mungkin belu perna pergi ke sana. Atau karena transportasinya susah ke Kupang? Tapi tidak juga, ada penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta via Denpasar walau Cuma sekali sehari, pesawat lain juga ada. Tapi gak usah dipikirin deh yang jelas Kupang merupakan wilayah penting bagi Indonesia karena selain sebagai daerah perbatasan (dengan Timorleste dan Australia) Kupang juga memiliki beberapa kekhasan. Trus apa saja yang khas dari Kupang dan NTT secara umum? Berikut sekelumit tetang kekhasan NTT di mata saya yang baru sekali ke Kupang.

Cuaca Ekstrim

Kupang miliki cuaca yang cukup eksrim. begitu anda mendarat di bandara, anda akan merasakan cuaca yang panas. Benarkah? Kalau tidak percaya anda harus nyoba dulu ke sana. Cuaca di sana biasanya diatas 30◦ Celcius.. Ohh hots. Berdasarkan penuturan teman saya Pak Jim yang orang asli Timorleste, biasanya musim hujan di NTT (Kupang) Cuma sekitar 3-4 bulan saja dalam se-tahun. Jadi curah hujannya cukup kecil dibandingkan daerah Jawa dan Sumatera. Cuaca di Kuapang sangat dipengaruhi oleh iklim pantai, angina juga bertiup cukup kencang dan kalo siang membawa angina laut yang berkadar garam lumayan tinggi. Akibatnya cat gedung atau rumah cepat terkelupas. Kesimpulannya, Kupang panas.

Kondisi Daratan..

Kalau anda pertama kali dating ke Kupang, munkin anda akan heran melihat pohon-pohon yang kering, tumbuh di atas bebatuan, eittt tunggu dulu, tumbuh di atas bebatuan? Ya, banyak pohon sejenis pohon petai yang tumbuh di atas bebatuan. Anda akan bingung jika disruh memcari tanah di Kupang. Anda juga tidak akan menemukan tunkang gali tanah di sana. Yang ada adalah tukang batu. Jadi yang perlu dicatat permukan kupang sebagian besar adalah batu karang. Kok bias? Ya bias lah. Itulah bukti kekuasaan Allah.. Subhanallah.. Allah telah menumbuhkan pohonpohon di atas bebatuan. Jarang sekali anda menemukan permukaan tanah yang rata. Sepanjang jalan di kupang anda akan menemukan permukaan seperti batu karang dan memang batu karang. Sehingga kelihatan tidak rapih.. bebatuan karang ini juga yang menyebabkan agak susah mencari sumber air di kupang. Anda memerlukan sumur bor yang lumayan dalam untuk mendapatkan air.. Tapi tidak semua wilayah di NTT kering. Disebelah barat (kalo gak salah arah ya) ada daerah yang lumayan ubur. Entah daerah apa namanya (soalnnya namannya agak asing atau emang pelupa hehehe) daerah ini hijau dan banyak pohon-pohon seperti di jawa, bahkan ada sawah lading (padi) yang hijau. Ada juga bendungannya.

Yang Langka dan Unik dari Kupang (NTT)

Ini dia yang ditunggu-tunggu. Ada beberapa hal langka di NTT, termasuk di Kupang. Kalo saya bilang Komodo atau Taman Naional Komodo, tentu anda akan tahu. Dan Pulau Komodo itu ada di wilayah Provinsi NTT. Hanya itu? Tentu tidak. Ada jga dana tiga warna.. wah untuk yang sau ini saya juga kurang begitu tahu, Cuma pernah liat di TV. Yang jelas sangat mengagumkan. Ada lagi yang lain? Jawabannya Yes.. Anda pasti tahu jalan tepat kediaman Bapak Soeharto yang Presiden RI ke-2. Jalan apa? Ya, Jalan Cendana. Lalu Cendana itu apa sih? Cendana itu adalah nama kayu yang tumbuh di daerah NTT termasuk di kupang. Lalu apa yan pesial sehingga dijadikan nama jalan oleh orang nomor satu waktu itu?

Cendana adalah kau khas dari NTT. Berdasarkan keterangan teman saya juga Pak Jim, Cendana hanya tumbuh di NTT. Walaupun bias tumbuh di daerah lain, namun tumbuhnya tidak sebaik di NTT ini. Pohon ini tumbuh di daerah kering. Yang unik dari poon ini adalah aromanya yang wangi. Wanginya khas sekali. Pohon ini baru wangi setelah usia ±25 tahun. Makin tua makin wangi. Jadi kalo kita nanam pohon ini, maka kita menanam untuk anak cucu kita. Karena kemungkinan besar kita belum bisa menanamnya. Dari pohon ini biasanya dibentuk tasbih, serbuknya untuk dupa, kenang-kenangan dalam bentuk batangan dan produk cendramata lainnya.

Cukup dulu deh ceritanya tentang Kupang dan NTT. Emang Cuma segitu yang aku tahu, Eh masih ada, Sasando yang saya temui di hotel, itu juga alat musik khas Ende, salah satu daerah di NTT. Apalagi ya? Di jalan-jalan munkin anda akan menemui mobil mewah berplat nomor putih. Itu mobil dari Timor Leste, di Timor Leste banyak mobil-moil bagus karena pajak atau bea masuk kendaraan itu 0%. Jadi jangan heran kalo Honda Jez terbaru hanya seharga Rp70 juta-an. Atau mobil Prado (tau salah atau benar nulisnya) yang harganya gak nyampe Rp200 jt-an. Cukup dulu ya… Merdeka.. Wassalam.

Selasa, 08 September 2009

Yang Unik di Singaraja (BALI)

Ini posting pertamaku di blog baruku juga..
Apakah anda perna ke Bali? apakah anda tahu Denpasar? Kute? Joger? Sanur? Tanah lot atau daerah wisata lainnya?
Ya, tempat-tempat tersebut sangat terkenal di Bali. bukan hanya di Bali tapi juga di Indonesia bahkan di Dunia. Kondisi masyrakatnya, sosial-budayanya yang unik, makanannya, semuanya yang berbau Bali sepertinya menarik dan layak untuk dijual. Tapi pada kunjungan pertamaku (kaya pejabat aja berkunjung hehehe) di Bali, aku melihat sesuatu yang beda..
Waktu itu hari Sabtu siang pas anak sekolah bubaran aku di Singaraja mau ke Denpasar. aku luhat anak-anak (SMP) keluar dari sekolah memakai baju pramuka (masih biasa), tasnya seragam dengan tulisan tertentu dan berwarna biru (dah mulai menarik perhatian) dan ... untuk anak-anak perempuan rambutnya dikepang dua dan diujungnya diikat dengan pita warna sama (biru dan ada juga yang kuning untuk anak-anak yang lebih kecil, kayaknya beda kelas).
Tadinya aku berfikir ini hanya di satu sekolah saja, tapi setelah melewati beberapa sekolah ternyata ini terjadi disemua sekolah yang saya lewati.
cukup unik kan? kalo tidak mohon dimaaafkan dan kasih komentar dibawah ya! makasih!

Blog Ini Disponsori Oleh


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW. Powered by Blogger